Powered By Blogger

Rabu, 07 April 2010

Olahraga dan Prestasi

Roma Hadi Tri Susangka
Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Universitas Muhammadiyah Malang
roma_umm@yahoo.co.id

OLAHRAGA menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang penting dengan membuat kita mejadi sehat.
Saat ini, pembangunan olahraga di Indonesia telah memiliki payung hukum dan landasan yaitu Undang-Undang No. 3 tahun 2005 mengenai Sistem Keolahragaan Nasional (SKN). UU tersebut mengamanatkan bahwa pemberdayaan olahraga berfokus pada tiga bidang yaitu olahraga rekreasi, pendidikan dan prestasi.
Fungsi prestasi olahraga adalah. Pertama, olahraga prestasi berperan sebagai memutar roda ekonomi melalui sponsorhip yang meningkatkan motivasi atlit. Kedua, olahraga mendorong pembangunan infrastruktur seperti stadion, bandara, jalan akses, pembersihan korupsi. Tambah lagi efek positif dalam pariwisata, media dan bisnis.
Maka, membudayakan olahraga sangatlah penting. Karena berperan dalam peningkatan prestasi dan kesejahteraan rakyat. Dengan membudayakan olahraga diharapkan dapat menjadi pondasi dalam mewujudkan prestasi olahraga yang maksimal dan pemicu tumbuh kembangnya pembangunanan di sektor pariwisata dan ekonomi masyarakat melalui jasa dan industri olahraga.
Seorang atlit yang berprestasi akan mustahil jika muncul tiba-tiba, diperlukan proses yang panjang, disiplin diri yang kuat, berlatih keras dan berkesinambungan sejak dini dibawah binaan dan bimbingan pelatih profesional. Untuk itu, upaya pembenahan dan penguatan pondasi olahraga masyarakat menjadi program prioritas pembangunan keolahragaan.
Masyarakat olahraga Indonesia sangat merindukan lahirnya pahlawan-pahlawan olahraga yang mampu mengangkat harkat dan martabat bangsa di dunia internasional. Sebutlah nama Rudi Hartono sampai dengan era Susi Susanti di bulutangkis, roni patinasarani – bambang nurdiyansah di sepakbola, purnomo - mardi lestari di atletik, Tintus Arianto Wibowo – yayuk basuki di tenis, albert papilaya di tinju, dan banyak atlet legendaris bangsa yang berkali-kali membuat Indonesia Raya berkumandang di berbagai arena. Mereka bahkan tidak hanya mampu berbicara di ajang regional, ajang Asian Games, bahkan Olimpiade mereka pernah raih sungguh bagai bumi dengan langit.
Marilah kita kita lebih membulatkan tekad dan semangat guna mengibarkan dan mengamalkan secara konsisten panji-panji kebugaran dan kesehatan masyarakat serta prestasi olahraga Indonesia di pentas nasional maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar