Powered By Blogger

Selasa, 01 September 2009

Bakat

Bakat Bakat umum Bakat khusus Apa bakat itu? Michael : kemp indv melakukan tgs tertentu tanpa lat sebelumnya. Bingham : kemp u/ menerima lat. Guilford : Bakat mencakup 3 dim psi: 1. perseptual,kemp mengadakan persepsi (kepekaan,perhatian,orientasi, luas, kec). 2. psikomotor(kuat,kec,teliti,koordinasi, fleksibilitas). 3. intelek(ingatan,evaluasi,berpikir konv,div. Bakat Mrpk kemp bawaan/alamiah/potensi yg perlu dilatih/dikembangkan dgn orientasi ms dpn. Kemp Adl daya melakukan sesuatu sbg bawaan & lat dgn orientasi sekarang Kapasitas Adl kemp yg dpt dikembangkan di ms dtg dgn lat yg optimal. Insting Kemp melakukan sesuatu tanpa lat(hewan). Bagaimana mengetahui bakat? 1. Apa yang sering dilakukan. 2. Bid apa bakat berfungsi (olah rg,seni,guru,dokter, musik,bhs) 3. Pendidikan, pekerjaan. 4. Tes bakat (Guilford). Hub bakat dan prestasi? 1. motivasi,lat,fasilitas,pengalaman mrpk faktor pendukung prestasi. 2. Orang berbakat lebih cepat,cekatan,teliti dlm pekerjaannya. Faktor yg mempengaruhi bakat? 1. Anaknya sendiri (minat,motivasi,hambtn luar/dlm?). 2. Lingkungan (ek,/hatian ortu,lingk luar klrg?). Upaya pengembangan? 1. guru/sekolah tanya ortu, form isian biodata. 2. program penddkn dirancang tdk hy akademik tapi juga bakat. 3. ciptakan rasa aman scr psi, mis 1) menerima apa adanya, 2) ciptakan suasana, 3) memahami pikiran, perasaan, prilaku, 4) beri kebebasan, kesempatan berpikir/pendapat/perasaan. Perkembangan Sosial (PS) Krn kebutuhannya, bayi-remaja mempy kemp berinteraksi /sosialisasi/ menyesuaikan diri dgn linkg: fisik dan sosial (berpengaruh pd pertumb sosio psi). Misal pd bayi:meniru bunyi,mengenal simbol marah dll. Ciri PS remaja? 1. Menonjolnya fungsi intelektual dan emosional (jatidiri didorong oleh sosio kultural (Erickson), didorong seksual (Freud). 2. Berkelompok senasib. 3. Penyesuaian diri adl paling rumit, krn persaingan, egonya shg rentan perpecahan. Faktor yg mempgrh PS? 1. Keluarga 2. kematangan 3. status sosek 4. pendidikan 5. emosi 6. IQ Pengaruh PS pada tingkah laku? 1. hasil refleksi diri akan nampak pd prilaku. 2. kemp abstraksi sering mempermasalahkan kenyataan dengan pikirannya. 3. egosentris menghasilkan cita2,idealisme dan menangnya sendiri/kaku. Perbedaan indv dlm PS? Teori komprehensif (Erickson) dlm memenuhi kebthn, manusia mempy cara yg berlainan shg melahirkan kesatuan budaya,alam dan kehidupan yg beraneka ragam. Remaja mempelajari pola2 sos sesuai kepribadiannya. Upaya pengembangan? Menciptakan kelompok2 sosial yg bermanfaat (or,kop, seni, bakti sosial dll) PERKEMBANGAN BAHASA Apa perkmbgn bhs itu? 1. dilihat dari fungsi, mrpkn alat komunikasi/ bergaul. 2. dilihat dari perkembangan anak, bhs terkait dgn kognitif. 3. bhs dipengaruhi lingk. Ciri perkmbgn bhs remaja? Bhs remaja terbentuk oleh kondisi lingk,shg lingk yg berbeda menyebabkan prilaku berbahasa yg berbeda pula. Faktor yg mempgrh perkmbgn bhs? 1. umur 2. kondisi lingk 3. kecerdasan 4. status sosek klrg 5. kondisi fisik Pengaruh kemp berbhs trhdp kemp berpikir? Upaya pengembangan? 1. Kelas heterogen, hrs mengmbgkn sbm bhs dgn fokus pd potensi dan kemp. 2. Model pengekspresian scr mandiri (lisan/tulis) brdasar bahan bacaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar